PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY

Oleh: Yulia Isratul Aini, S.Pd., M.TPd

Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Bengkulu

 

Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi adalah Virtual Reality atau biasa disingkat VR. Media pembelajaran VR ini dapat kita buat sendiri dengan aplikasi millealab atau bisa kita manfaatkan yang sudah ada, misalnya bisa kita akses di youtube dengan mencari bentuk medianya VR 360.

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber: shutterstock.com)

 

Apa itu VR? Mari kita lihat beberapa definisi tekait VR ini sebagaimana dideskripsikan Riswan abidin (2016) dalam blognya:

Virtual Reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, Virtual Reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang.

Definisi lain dari Virtual Reality menurut linda dalam blognya adalah teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D yang nyata, sehingga membuat penggunanya merasa seperti berada di dunia nyata meskipun simulasi yang ada di depannya adalah maya.

Dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Virtual Reality adalah wadah dimana seseorang atau penggunanya merasakan kehadiran riil dari objek yang diamatinya dan dapat berinteraksi dengan objek tersebut yang sebenarnya hal tersebut tidak riil adanya.

Dengan memanfaatkan media Virtual Reality ini, tentu akan membuat pembelajaran lebih menarik, inovatif, dan memberikan imajinasi lebih bagi siswa dalam belajar. Tentu saja kombinasi-kombinasi kegiatan lanjut  dengan pemanfaatan media ini perlu disiapkan oleh guru.

Untuk pembuatan media VR ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Millealab untuk pengolahan pembuatan medianya. Sedangkan untuk hasilnya dapat kita lihat di telepon genggam dengan kemampuan giroskop yang dimilikinya. Untuk melihat hasil tersebut menggunakan viewer berupa kacamata 3 dimensi. Berikut contoh kacamata dimaksud dengan bahan kardus:

 

  

 

Berikut bentuk media VR yang berada di telepon genggam yang sudah Anda pasang untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam tempat telepon genggam di kacamata 3 dimensinya. Silahkan menikmati tayangan media VR ini.

 

 

 

 

 

 

Dan contoh Berikutnya, tayangan VR di telepon genggam sebelum dimasukkan ke kacamata 3 dimensi, yang diambil dari channel youtube tentang VR solar system.

 

   

 

Silahkan membuat media VR sendiri sesuai dengan tema yang akan dipelajari atau jika belum dapat membuatnya silahkan mencari di situs internet dengan pencarian VR 360.

 

Referensi:

Riswan Abidin. 2016. Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya dengan Augmented Reality. https://teknojurnal.com/ diunduh 6 Februari 2020

Linda. 2019. Yuk Kenali Pengertian Teknologi Virtual Reality (VR). https://carisinyal.com/ diunduh 6 Februari 2020